Langsung ke konten utama

Koneksi Oracle dengan Visual Basic.NET


Berbeda dengan Microsoft SQL Server, koneksi antara VB.net dengan Oracle membutuhkan library atau dll sebagai Connector atau penghubung dengan Oracle.

Sebelumnya saya asumsikan anda telah menginstall database Oracle nya.

Mari ikuti langkah-langkah berikut (Koneksi Statis) :

  1. Buat Project baru pada VB.net
  2. Pada Solution Explorer > (klik kanan) pada aplikasi anda > pilih Add Reference.
  3. Cari Oracle.DataAccess.dll di C:\oraclexe\app\oracle\product\11.2.0\server\odp.net\bin\2.x.
  4. Anda bisa membuat modul atau class koneksi untuk menyimpan coding koneksi, untuk sementara saya contohkan membuat koneksinya di form_load saja.
  5. Jangan lupa untuk menaruh coding "import oracle.dataaccess.client" untuk mengimport library dari database Oracle.
  6. Ketika di tes > berhasil.
Terima Kasih,



Muhamad Ramandani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Report dengan XtraReport

Di pemograman VB.net ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat report. Secara default sebenarnya VB.net mempunyai report sendiri tetapi kita bisa membuat report dengan tools dari luar seperti Crystal Report yang sudah sering sekali kita dengar. Sekarang saya akan menunjukan tutorial bagaimana menggunakan tools XtraReport dalam pembuatan report di VB.net. Ikuti langkah-langkah berikut:

Generate auto CRUD JAVA menggunakan NetBeans

CRUD adalah singkatan dari create, read, update dan delete. Operasi CRUD merupakan salah satu teknik dasar dari pemograman database. Pada contoh kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana caranya membuat operasi CRUD menggunakan bahasa JAVA dan IDE Netbeans tanpa harus melakukan coding , artinya saya akan menggunakan fasilitas yang ada pada Netbeans untuk mengenerate otomatis syntax dan form sehingga dapat mempersingkat waktu dalam membuat aplikasi. Hal ini sebenarnya sudak jamak di temui pada pemograman web framework PHP seperti Yii atau CakePHP. Tetapi untuk pemograman desktop JAVA mungkin ada beberapa orang yang belum tau. Mari ikuti langkah-langkah dibawah ini :